GAMBAR LAPORAN

...

Senin, 27 Jan 2020 08:22

Telepon / Email : anonim******@gmail.com
Jenis : Rekruitmen Perangkat Desa
Lokasi : Tidak ada lokasi
Laporan : Assalamualaikum selamat malam Bapak Gubernur... Saya ingin minta solusinya pak,,, Beberapa hari yang lalu tepatnya Hari Minggu tgl 19 Januari 2020 di Desa Panusupan Kec.Rembang, Kab. Purbalingga dilaksanakan proses penjaringan Perangkat Desa yang di ikuti oleh 35 peserta dengan merebutkan 7 Kursi yang kosong, dari 35 peserta ada 5 orang orangnya Kepala Desa dan Ketua Panitia, bahkan 1 Diantaranya adalah Istri dari Ketua Panitia tersebut, dari proses seleksi tersebut meliputi, 1. Tes tertulis 100 soal pilihan ganda, penilaian nilai max 100. 2. Praktek Komputer, penilaian nilai max 50. Dari hasil tes tersebut banyak yang mengeluhkan soal-soal yang di nilai tidak masuk akal dan terlalu sulit, tapi dengan hasil tes tersebut 5 orang terdekatnya yg mendapat nilai yg hampir sempurna, padahal ada beberapa orang tersebut blm lama bisa mengoperasikan komputer tapi dapat nilai yang sangat bagus terutama istri Ketua Panitia yang mendapatkan nilai hampir sempurna 48 dengan mengalahkan beberapa Sarjana, bahkan S.1 Komputer aj kalah yg hanya mendapatkan nilai 30 ( Penilai hanya Ketua Panitia ). Untuk materi soal-soal tertulis yg katanya bukunya di siapkan oleh pihak kecamatan ternyata bukunya malah milik Ketua Panitia dan soal-soal tersebut juga hanya di buat oleh Ketua Panitia, nah dari situlah beberapa peserta merasa ada yang janggal dan merasa di curangi bahkan ada yang menyebutkan ini udah terstruktur dan sistematis. Semua peserta yang kalah dan merasa di curangi hanya ingin di lakukan tes ulang dan panitia dari pihak lain. sebelumnya mohon maaf hanya ini yang ingin saya sampaikan terima kasih.🙏🙏 saya lampirkan hasil tes seleksi yg ad coretan merah ( orang2 terdekatnya Kepala Desa dan Ketua Panitia) (diteruskan dari https://laporgub.jatengprov.go.id/main/detail/47097.html#.Xi460WgzZnI )

KOMENTAR


Bupati Purbalingga

Terimakasih atas laporannya,

Beberapa hari yang lalu beberapa peserta sdh menghadap ke Camat setempat, dan sudah dijelaskan bahwa tidak ada indikasi kebocoran soal ujian atau kecurangan yg dilakukan oleh Panitia, karena lokasi karantina (Kecamatan) pembuatan soal juga sdh di cek oleh peserta, komputer menggunakan dari Kecamatan.
Selama karantina s/d pelaksanaan ujian selesai panitia tidak berkomunikasi dgn peserta dan pihak luar.

Jadi secara pelaksanaan tdk ada masalah.
Dan dugaan yg dituduhkan tdk dapat dibuktikan.


27 Jan 2020 12:40

Bupati Purbalingga

Terima kasih atas laporan sdr Zaenudin.

Menanggapi laporan tersebut sudah kami konfirmasi dengan Tim Fasilitasi Kecamatan Rembang, bahwa secara prinsip pelaksanaan penyusunan soal ujian penyaringan Perangkat Desa Panusupan secara teknis tidak ada indikasi kebocoran soal ujian, karena soal dibuat pada saat diruang karantina, sedangkan buku buku materi pembuatan soal ujian sudah diperiksa oleh Tim Fasilitasi Kecamatan Dan pihak keamanan serta dijamin bersih belum ada konsep soal yang dibuat. 

Dalam pelaksanaan ujian dan penilaian juga diawasi oleh Tim Fasilitasi, bahwa sudah sesuai ketentuan.

Demikian penjelasannya.


27 Jan 2020 13:25