GAMBAR LAPORAN

...

Jum'at, 12 Jul 2019 15:54

Telepon / Email : akur****@gmail.com
Jenis : LINGKUNGAN
Lokasi : Tidak ada lokasi
Laporan : Di samping pemukiman warga RT 02 RW 6 Karangplak Bobotsari terdapat saluran pembuangan limbah pasar Bobotsari yang melintasi perbatasan dua desa (Karangplak & Majapura). Saluran tersebut sangat mencemari lingkungan dan menimbulkan bau busuk. Bau tsb berasal dari aliran limbah pasar, dan juga banyak warga ( bahkan warga luar desa ) yang menjadikan saluran tersebut sbg tempat pembuangan sampah rumah tangga. Setiap musim kemarau warga sekitar merasa sangat tidak nyaman dengan bau limbah yang menyengat & banyaknya nyamuk yg berasal dari tempat tersebut. Selain masalah-masalah tersebut, di tahun 2006 pernah terjadi kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa, seorang anak berusia 5 tahun terjatuh kedalam saluran dan hanyut terbawa arus yg deras pd saat musim hujan, kemudian di tahun 2017 seorang kakek juga terjatuh dan ditemukan meninggal di tempat. Kami berharap agar saluran limbah tersebut secepatnya ditutup karena selain menyebabkan pencemaran lingkungan juga membahayakan keselamatan warga (terutama anak anak) mengingat saluran tersebut berada disamping rumah kami dan kedalamannya mencapai 2,5 meter. Selama bertahun tahun kami mengusulkan kepada pihak desa untuk menutup saluran tersebut, tetapi sampai detik ini belum ada tindakan apapun. Kami mohon kepada pemerintah daerah untuk segera menyelesaikan permasalah ini. Terimakasih atas perhatiannya.

KOMENTAR


Admin DLH

Menindaklanjuti disposisi dari Bupati, Matur Bupati, kami dari LH sudah cek lokasi di Pasar Bobotsari khususnya di Rt 02 Rw 06 Bobotsari.

Pertama, kami sudah melakukan kordinasi dengan pihak kecamatan dengan pihak Desa Bobotsari dengan warga masyarakat serta Forum Kesehatan Desa.

Setelah cek ke lapangan akhirnya mengambil kesimpulan, pendapat pihak desa, masyarakat dan Forum Kesehatan Desa tidak menyarankan saluran itu ditutup, karena akan mempersulit membersihkan saluran itu sendiri.

Masih banyak warga masyarakat yang pembuangan septic tank-nya masuk ke saluran air, masih banyak warga masyarakat yang membuang sampah ke saluran air.

Dan Insya Allah pada tanggal 6 Oktober 2019, pihak desa dan FKD melibatkan warga masyarakat melakukan kegiatan PROKASIH dan diikuti semua lintas sektor yang ada di Kecamatan Bobotari dan para tokoh masyarakat,

Dimulai dari Tugu Lancip, dibersihkan mulai dari hulu sampai hilir (sampai perbatasan desa Majapura)

Kemudian dari pihak PD pasar Bobotsari sendiri membuat saringan sampah.

Jadi nanti yang keluar dari penjual ayam potong diharapkan bulu-bulunya tidak masuk saluran, sudah tersaring semua di pasar.


14 Okt 2019 10:14